• home
Home » » Resep Membuat Lontong Daun Pisang

Resep Membuat Lontong Daun Pisang

resep bagaimana cara membuat lontong daun pisang yang enak dan lezat
resep membuat lontong daun pisang
Lontong - Selain ketupat, lontong juga merupakan makanan yang selalu ada di hari lebaran. Lontong biasanya disajikan bersama dengan opor ayam, sate dan lain sebagainya. Teksturnya yang empuk memang dapat menghasilkan sensasi yang berbeda jika hanya mengkonsumsi nasi putih biasa. Oleh karena itu, lontong banyak dijadikan makanan kegemaran oleh masyarakat. Mungkin sista atau anggota keluarga sista adalah salah satunya. Meskipun lontong identik dengan hari lebaran, tapi tidak ada salahnya jika lontong dikonsumsi di luar hari lebaran. Oleh karena itu, jika sista ingin mencoba untuk membuat dan memasak lontong, maka berikut ini adalah bahan yang diperlukan serta cara untuk memasaknya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat lontong daun pisang :

  • Daun pisang muda tapi tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua.
  • 1000 ml beras dengan kualitas yang baik (jumlah takarannya sesuaikan dengan kebutuhan)
  • 2 lembar daun pandan
  • Lidi yang digunakan untuk mengunci pinggiran lontong.
  • Air untuk memasak

Cara membuat lontong daun pisang :

  1. Langkah pertama, jemur daun pisang diterik sinar matahari agar daunnya layu, atau bisa juga dengan cara dihangatkan menggunakan api hingga daunnya layu.
  2. Setelah itu bersihkan daun pisang, kemudian potong sesuai ukuran yang akan digunakan untuk membungkus lontong, kira kira ukuran 25 cm x 35 cm.
  3. Langkah selanjutnya, ambil beras dan kemudian rendam kurang lebih 2 jam atau 3 jam.
  4. Setelah itu, masuk pada proses pembuatan lontong.
  5. Ambil 2 lembar daun pisang yang telah dipotong sesuai ukuran dengan susunan daun pisang yang bertekstur llicin berada dibagian luar.
  6. Kemudian bentuk daun pisang tadi bulat memanjang seperti pipa, lalu lipat salah satu ujungnya dan tusukkan lidi untuk mengunci agar posisinya tidak berubah. dan biarkan ujung yang lainnya tetap terbuka.
  7. Selanjutnya, ambil beras yang telah direndam kemudian masukkan kedalam daun pisang yang telah dibentuk tadi. Masukkan melalui ujung yang belum tertutup. Ukuran beras yang dimasukkan kedalam daun pisang yang telah dibentuk adalah setengah dari tingginya. 
  8. Setelah itu, lipat ujung yang masih terbuka tadi dan gunakan lidi untuk menguncinya. dan pastikan lidinya cukup kuat agar lontonngnya tidak hancur.
  9. Kemudian siapkan panci yang akan digunakan untuk memasak, nyalakan kompor dengan api sedang. Jangan lupa masukkan air kedalam panci yang menutupi semua  lontong yang akan dimasak agar matangnya merata.
  10. Setelah itu, masukkan lontong kedalam panci dan tambahkan dua lembar daun pandan untuk menambah aroma yang lebih lezat.
  11. Masak dengan menggunakan api sedang dan sambil memasak siapkan air panas.
  12. Setelah memasak selama 2 jam atau 3 jam dan air rebusannya sudah mulai berkurang, tambahkan air panas yang telah disediakan sebelumnya dengan menunangkan kedalam panci hingga semua lontong terendam sepenuhnya.
  13. Kemudian lanjutkan memasak lontong hingga teksturnya agak padat dan sedikit kenyal yang menandakan lontong telah matang.
  14. Setelah itu, angkat lontong dan kemudian tiriskan bisa dengan cara digantung atau diletakkan pada tempat yang berlubang agar kandungan air sisa rebusan terpisah sempurna.
  15. Selesai, lontong siap dinikmati bersama keluarga tercinta.
Selamat menikmati lontong bersama keluarga ya sista...!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.