• home
Home » » Resep Bubur Kacang Hijau Manis

Resep Bubur Kacang Hijau Manis

resep  bagaimana cara membuat memasak bubur kacang hijau ijo enak lezat
bubur kacang ijo
Bubur Kacang Hijau - wah, kalau mendengar kata bubur kacang hijau atau biasa juga ada yang cuma mengatakan bubur kacang ijo pastinya sudah sangat akrab ditelinga sista. Atau bahkan menu bubur yang satu ini adalah salah satu menu favorit sista dan keluarga. Bubur kacang jo merupakan salah satu bentuk kekayaan kuliner di negeri kita tercinta ini. Bubur kacang ijo, dari namanya saja sudah bisa di tebak bahwa panganan yang satu ini adalah panganan yang berbahan dasar kacang hijau, serta santan, gula merah serta bahan tambahan lainnya. Untuk tambahan informasi, bubur kacang hijau selain rasanya yang enak, kacang hijau juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya dapat menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, bermanfaat untuk kesehatan janin pada ibu hamil, melancarkan aliran darah dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Oleh karena itu, jika sista ingin membuat menu bubur kacang hijau yang selain rasanya enak dan manis tapi juga bermanfaat untuk kesehatan, berikut ini adalah bahan yang diperlukan serta cara untuk membuatnya :

Bahan yang diperlukan untuk membuat bubur kacang hijau yang manis dan enak :

  • 400 gram kacang hijau
  • 1 buah kelapa yang akan dijadikan 700 ml santan kelapa kental segar (jumlah kelapa bisa ditambah menjadi 2, karena semakin banyak kelapa maka santannya akan semakin kental)
  • 750 gram gula merah
  • 3 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya (sedikit saja karena digunakan hanya untuk memberikan rasa gurih)
  • Air secukupnya

Setelah semua bahan yang di butuhkan telah lengkap tersedia, maka berikut ini adalah cara untuk membuatnya :

  1. Langkah pertama, rendam dan bersihkan kacang hijau dari sisa sisa kotoran yang masih melekat termasuk sisa sisa kulit kacang.
  2. Selanjutnya siapkan panci dan isi dengan air sekitar 2000 ml sampai 3000 ml, kemudian panaskan.
  3. Setelah itu, masukkan kacang hijau dan rebus kacang hijau hingga teksturnya empuk atau sudah matang.
  4. Sambil merebus kacang hijau, siapkan lagi panci yang lain.
  5. kemudian rebus air sekitar 500 ml, lalu masukkan gula merah dan aduk hingga gula merah larut dan meleleh. Setelah itu saring air gula merah untuk memisahkan kotorannya dan tuangkan kedalam rebusan kacang hijau.
  6. Setelah itu, masukkan juga daun pandan untuk memberikan aroma harum dan juga sedikit garam, aduk sesekali dan tunggu hingga mendidih.
  7. Langkah selanjutnya, tuangkan santan kelapa yang telah disiapkan sambil di aduk rata.
  8. Setelah mendidih, angkat dan bubur kacang hijau siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga tercinta.
  9. Selamat menikmati sista...!!!
Selamat memasak dan menikmati sajian bubur kacang ijo bersama keluarga tercinta...!!!

1 komentar:

  1. Artikel yang sangat membantu dan bertujuan untuk menambah wawasan kita semua, mantap. salam dari SOFA STUDIO MINIMALIS

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.