• home
Home » » Resep Kolak Labu Manis

Resep Kolak Labu Manis

resep bagaimana cara membuat kolak labu manis yang sehat dan enak
Kolak Labu Manis
Kolak Labu Manis - Satu lagi keanekaragaman kuliner dari bahan bahan yang mudah kita temui di sekitar kita. Labu biasanya di jadikan sebagai bahan untuk membuat sayur, tapi selain itu ternyata labu juga bisa di olah menjadi makanan yang sangat menggugah selera seperi kolak labu manis yang enak dan tentunya sehat. Sebagai tambahan informasi bagi sista supaya tambah semangat memasak kolak labunya bahwa lalu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan di antaranya dapat menstabilkan gula darah, mampu membuat saraf lebih rileks, dapat melancarkan pencernaan dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya sista memasukkan labu sebagai salah satu menu yang di konsumsi 1 atau 2 kali seminggu. Berikut ini adalah bahan yang diperlukan serta cara untuk membuat kolak labu manis.

Bahan utama yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  • 1 buah labu kuning ukuran sedang
  • 1  buah kelapa, kemudian parut dan peras untuk dijadikan santan sekitar 400 ml (jika sista tidak sempat membuat santan dari kelapa,  bisa juga menggunakan santan instan yang banyak dijual di pusat perbelanjaan)
  • 500 gram gula merah kemudian iris kecil dan halus (gunakan secukupnya hingga rasa manisnya sudah pas dan sesuai selera sista )
  • Air bersih secukupnya

Jika semua bahan sudah tersedia, berikut ini adalah cara untuk membuatnya :

  1. Langkah pertama, kupas kulit labu (yang perlu di kupas cukup bagian paling luar yang memiliki tekstur paling kasar, jadi bagian kulit dalamnya tidak perlu di kupas.)
  2. Setelah di kupas, potong kecil labu dengan ukuran 3 cm x 3 cm atau sesuaikan dengan selera sista. jangan lupa pada saat di potong, buang bijinya lalu cuci bersih.
  3. Langkah selanjutnya, ambil panci dan isi air kemudian didihkan.
  4. Selanjutnya, masukkan potongan labu dan gula merah lalu masak setengah matang.
  5. Setelah masak setengah matang, masukkan santan lalu aduk sesekali, (sista bisa tambahkan air jika kuahnya kurang, atau bisa tambahkan gula merah jika kurang manis)
  6. Jika rasa manisnya sudah pas dan sesuai selera, kecilkan api kompor dan lanjutkan memasak hingga tekstur labu empuk.
  7. Setelah tekstur labu sudah empuk, yang berarti sudah matang, angkat lalu sajikan
  8. Selesai dan kolak labu manis siap di hidangkan.
Selamat menikmati menu kolak labu manis yang sehat...!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.