• home
Home » » Resep Kolak Ubi Jalar Manis

Resep Kolak Ubi Jalar Manis

bagaimana cara membuat resep kolak ubi jalar yang manis dan berkuah
kolak ubi jalar
Kolak Ubi Jalar - Ubi jalar merupakan umbi umbian yang mudah ditemui di sepanjang kawasan nusantara. Oleh karena itu, panganan yang berbahan dasar ubi jalar ada beraneka ragam, bahkan hampir tiap daerah mempunyai menu ciri khas tersendiri yang berbahan dasar ubi jalar dan salah satunya adalah menu kolak ubi jalar. Selain rasanya yang manis dan enak, ubi jalar juga bermanfaat untuk tubuh diantaranya menjaga sistem pencernaan, mengurangi resiko kanker, menjaga kadar gula dalam darah dan banyak lagi yang lain.

Jika dilihat dari kandungan gizi dan sisi manfaat ubi jalar untuk kesehatan, sebaiknya sista langsung praktekkan deh untuk membuat kolak ubi jalar ini dan segera disajikan untuk disantap bersama keluarga tercinta. Biasakan lah untuk menyajikan makanan yang enak dan sehat untuk keluarga tercinta. happy cooking...!!!

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat kolak ubi jalar adalah berikut ini :

  • 600 gram ubi jalar, kemudian kupas kulitnya lalu bersihkan. Setelah itu potong dengan bentuk sesuai keinginan sista (bisa persegi, segitiga dan lain sebagainya) dan bersihkan. Ukuran potongan ubi jalar jangan terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil, jadi yang sedang sedang saja ya.
  • 500 gram gula merah kemudian iris / potong kecil kecil
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 buah kelapa kemudian parut dan peras menjadi santan kira kira 600 ml
  • Garam dan air secukupnya

Jika semua bahan yang diperlukan sudah tersedia, berikut ini adalah cara untuk membuatnya :

  1. Langkah pertama, siapkan panci yang akan digunakan untuk merebus.
  2. Kemudian masukkan air sekitar 1000 ml dan panaskan, lalu masukkan juga ubi jalar yang telah di potong kecil dan masak hingga setengah matang.
  3. Setelah itu, masukkan irisan gula merah, sedikit garam dan juga daun pandan lalu masak hingga mendidih sambil sesekali di aduk. Pastikan untuk mencicipinya ya agar didapatkan rasa manis yang pas dan sesuai selera.
  4. Setelah itu, masukkan santan sambil diaduk kemudian masak hingga mendidih dan ubinya matang.
  5. Setelah matang, angkat dan sajikan.
  6. Kolak Ubi jalar siap dinikmati bersama keluarga tercinta.
Selamat memasak masakan yang sehat dan enak untuk dinikmati bersama keluarga tercinta...!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.